Home » » Menteri Agama Imbau Umat Kristiani Tidak Memaksa Muslim Pakai Atribut Natal

Menteri Agama Imbau Umat Kristiani Tidak Memaksa Muslim Pakai Atribut Natal

| 0 komentar

Warung Islam - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendukung imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar toko dan restoran tak mewajibkan pegawai muslim memakai atribut natal. Imbauan tersebut sebagai usaha untuk membangun toleransi antarumat beragama.
 
Bentuk menghargai dan menghormati perayaan natal tersebut, kata Lukman, tak harus dilakukan dengan menggunakan pakaian atau simbol-simbol kristiani. 
 
"Menghormati dan menghargai keyakinan umat beragama yang berbeda tidak harus dengan meleburkan diri kepada perilaku atau simbol-simbol yang dimaknai sebagai keyakinan umat beragama tersebut," kata Lukman dikutip detik.com, Senin (14/12/2015).
 
Kepada umat kristiani, Lukman turut mengimbau agar tidak memaksa atau mengajak pemeluk agama lain untuk mengikuti atau menggunakan atribut-atribut natal. Seperti juga ketika umat Islam tak memaksa pemeluk agama lain menggunakan busana muslim saat perayaan hari Lebaran.
 
"Toleransi, tenggang rasa dan sikap saling menghormati harus terus dibangun," kata Lukman.
 
Sebelumnya, Ketua Umum MUI Pusat KH Makruf Amin menyerukan kepada setiap perusahaan untuk tidak memerintahkan karyawan-karyawati yang beragama Islam untuk memakai atribut natal.
 
"Kita sudah minta dan memberikan seruan agar jangan ada lagi memaksa Muslim memakai simbol natal termasuk Sinterklas," kata Kiyai Makruf di Jakarta, Kamis (10/12) lalu.
 
Kyai Makruf mengaku khawatir pemaksaan akan menyinggung perasaan umat Islam. Hal itu pun dinilai bisa berdampak buruk pada kerukunan yang telah terbangun. "Kita minta jangan sampain ke situ lah. Jadi nanti itu menyinggung perasaan kelompok Muslim. Dan mereka merasa di paksa," ujarnya.
 
"Jangan sampai ada perusahaan dan lembaga yang memaksa melakukan itu. Nanti akan ada reaksi yang tidak baik," tambahnya
(detik.com/warung islam)
>
Share this article : Print Friendly and PDF
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Hamba Allah | Warung Islam
Copyright © 2011. Warung Islam - All Rights Reserved
Template Modify by Liwaul Hamdi Tanjung
Proudly powered by Blogger